Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Senin, 02 Desember 2013

Sejarah UNISSULA



Universitas Islam Sultan Agung disingkat UNISSULA merupakan World Class Islamic Cyber University dengan moto besarnya “ Bismillah Membangun Generasi khaira Ummah” merupakan sebuah perguruan tinggi swasta tertua dan terbesar di Jawa Tengah, yang mampu memadukan antara kebutuhan dunia dan kebutuhan akhirat secara bersama-sama. Nilai-nilai keislaman inilah yang menjadi ruhnya universitas.UNISSULAmemiliki 35 program studi jenjang Diploma (DIII), Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3).

Sejarah
UNISSULA, didirikan sejak tanggal 20 Mei 1962 M (16 Dzulhijjah 1381 H.) oleh Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, disingkat YBW-SA. Yayasan ini didirikan di Semarang Jawa Tengah pada tanggal 31 Juli 1950 ( 16 Syawal 1369 H ),yang sadar dan menaruh perhatian terhadap keadaan dan perkembangan bidang pendidikan umat Islam dan bangsa Indonesia pada umumnya sejak awal proklamasi kemerdekaan dan bergerak dalam bidang pendidikan, kesehatan, sosial dan kegiatan amal sholeh lainny, dengan tujuan menyebarluaskan pendidikan dan ajaran Islam yang dijiwai dakwah Islam.
Yayasan Badan Wakaf Sultan Agung, selain sebagai badan penyelenggara UNISSULA juga menyelenggarakan pendidikan dan lembaga lain, yaitu : Taman kanak-kanak, Sekolah Dasar Badan Wakaf Sutan Agung, Sekolah Menengah Tingkat Pertama Badan Wakaf Sultan Agung, Sekolah Menengah Atas Badan Wakaf Sultan Agung, Rumah Sakit Islam Sultan Agung, Lembaga Pengembangan Dana Ummat Sultan Agung, Lembaga Pengembangan Usaha Sultan Agung dan Lembaga Sosial lainnya.
Pada awal berdirinya UNISSULA, Fakultas yang pertama kali dibuka adalah Fakultas Agama Islam (dalam perkembangan lebih lanjut kemudian menjadi Fakultas Syari'ah), kemudian Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pasti Alam (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Teknik). Pada tahun ajaran berikutnya, dibuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Hukum) dan Fakultas Kedokteran.
Pada tahun 1985 dibuka Fakultas Tarbiyah yang dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1998 digabung dengan Fakultas Syari'ah, menjadi Fakultas Agama Islam. Fakultas Teknologi Industri dibuka tahun 1993, Fakultas Psikologi dibuka tahun 1999, dan mulai tahun 2000 dibuka Program Pasca Sarjana.
Pada awal berdirinya UNISSULA, Fakultas yang pertama kali dibuka adalah Fakultas Agama Islam (dalam perkembangan lebih lanjut kemudian menjadi Fakultas Syari'ah), kemudian Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Pasti Alam (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Teknik). Pada tahun ajaran berikutnya, dibuka Fakultas Hukum dan Pengetahuan Masyarakat (dalam perkembangan selanjutnya menjadi Fakultas Hukum) dan Fakultas Kedokteran. Pada tahun 1985 dibuka Fakultas Tarbiyah yang dalam perkembangan selanjutnya pada tahun 1998 digabung dengan Fakultas Syari'ah, menjadi Fakultas Agama Islam. Fakultas Teknologi Industri dibuka tahun 1993, Fakultas Psikologi dibuka tahun 1999, dan mulai tahun 2000 dibuka Program Pasca Sarjana. Pada tahun ajaran 2011/2012 dibuka program studi (prodi) pendidikan Matematika dan pendidikan Bahasa Indonesia , kemudian di tahun yang sama dibuka program studi Sarjana (S1) farmasi , di bawah naungan Fakultas Kedokteran. Pada tahun 2012/2013 dibuka program studi Magister Biomedis (S2) yang berada di bawah naungan Fakultas Kedokteran.  Pada tahun 2012/2013 Fakultas Hukum Unissula meresmikan Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) (S3) yang memiliki berbagai macam konsentrasi antara lain Hukum Perdata/Hukum Bisnis, Hukum Pidana, Hukum Tata Negara, Hukum hubungan internasional, Hukum Kesehatan, Hukum Syariat Islam, Hukum HAM, Hukum Ketenagakerjaan, dan cyber law. Setelah itu di tahun yang sama Fakultas Hukum Unissula juga melaunching berdirinya Magister (S-2) Kenotariatan (M.Kn).  Rektor yang memimpin sekarang adalah Prof. Dr. Laode M. Kamaluddin, Rektor sebelumnya adalah Dr. dr. Rofiq Anwar, SpPA.

Akademik
Fakultas Dan Program Studi
Fakultas Kedokteran [5]
Pendidikan Dokter dan Program Profesi Dokter
Farmasi
Teknik Teknik Sipil
Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota (Planologi)
Teknik Lingkungan
Fakultas Hukum
Ilmu Hukum
Fakultas Ekonomi
Manajemen
Diploma dan Sarjana Akuntansi
Fakultas Agama Islam
Syari’ah
Tarbiyah
Sejarah Dan Kebudayaan Islam
Teknik Elektro
Teknik Industri
Teknik Informatika
Diploma Teknik Komputer
Fakultas Psikologi
Psikologi
Fakultas Ilmu Keperawatan
Diploma dan Sarjana Ilmu Keperawatan
Diploma Kebidanan
Sastra Inggris
Pendidikan Bahasa Inggris
Fakultas Ilmu Komunikasi
Ilmu Komunikasi
Fakultas Kedokteran Gigi
Pendidikan Dokter Gigi dan Program profesi Dokter Gigi
Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Pendidikan Matematika
Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Program Pasca Sarjana
Magister Teknik Sipil
Magister Ilmu Hukum
Magister Manajemen
Magister Teknik Elektro
Magister Pendidikan Agama Islam
Magister Biomedik
Magister Kenotariatan
Doktor Ilmu Hukum

Akreditasi
UNISSULA telah Terakreditasi Institusi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) dengan nilai B, dan untuk beberapa Program Studi mendapatkan nilai SANGAT BAIK (A) seperti Kedokteran Umum, Teknik Sipil & Teknik Lingkungan, Ilmu Hukum, Akuntansi & Manajemen, dan Tarbiyah. Akreditasi BAIK (Nilai B) untuk beberapa Program Studi lainnya, seperti Teknik Elektro & Teknik Industri, dan Psikologi Klinik. Serta beberapa program studi yang baru didirikan sedang diupayakan untuk diberikan penilaian oleh BAN-PT.
Untuk itu UNISSULA sedang menyiapkan berbagai sarana dan prasarana yang dibutuhkan seperti bangunan dan gedung, infrastruktur teknologi informasi, peningkatan kualitas pelayanan dan kualitas SDI (Sumber Daya Insani), membangun network dengan berbagai pihak baik di dalam maupun di luar negeri. Selain itu, saat ini mengembangkan tiga budaya dasar yang telah dijalankan di UNISSULA : yaitu Budaya Akademik Islami (merekontruksi ilmu pengetahuan berdasarkan Imtaq dan IPTEK), Budaya cyber (digitalisasi kampus) dan Budaya bahasa internasional (Inggris dan Arab).

Prestasi
Mahasiswa UNISSULA juga mampu menorehkan prestasi di tingkat nasional maupun internasional. Diantaranya adalah Finalis Mahasiswa Berprestasi Tingkat Nasional (2007, 2008, 2009), Juara 2 Debat Bahasa Inggris Tingkat Nasional 2008, 5 Besar Pemilihan Bintang Radio RRI 2009, Delegasi Indonesia pada Debat Bahasa Inggris di Korea, Singapura dan Irlandia 2008, dan Delegasi Indonesia pada MTQ Internasional di Moskow, Rusia 2010. UNISSULA juga pernah menjadi tuan rumah PIMNAS XXI (Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional) pada 2008.

Mahasiswa
Dengan rata-rata jumlah lulusan pertahun 1.500. Jumlah Student body tahun 2008-2009 sejumlah 9044.

Fasilitas
Lahan Kampus yang dimiliki seluas 35 hektar, merupakan kampus yang cukup luas dan terpadu, terletak di Jalan Kaligawe Km 4 Semarang, berada di jalan utama propinsi, yang hijau, sejuk dan nyaman. UNISSULA dilengkapi fasilitas penunjang yang ada di dalamnya seperti :
Masjid Abu bakar Assegaf
Sultan Agung Islamic Teaching Hospital sebagai Rumah Sakit pendidikan bagi mahasiswa prodi Kedokteran Umum dan Rumah Sakit Gigi dan Mulut Sultan Agung [6] bagi Mahasiswa Fakultas Kedokteran gigi yang menjadi satu kompleks di Rumah Sakit Islam Sultan Agung[7]
Perpustakaan Pusat dan Fakultas
Unissula TV
Lapangan olah raga
Rusanawa Putra dan Putri
Kantin dan Fotocopy center PUMANISA

Cyber University
Sebagai sebuah kampus yang berada di tengah menggeliatnya teknologi informasi komunikasi , maka Unissula juga telah mencanangkan diri untuk bermigrasi dari analog ke digital dengan mengusung teknologi Digital Multimedia Broadcasting (DMB) sebagai tools-nya. Teknologi ini akan menjadikan Unissula sebagai satu-satunya universitas yang melakukan convergence antara data, suara dan gambar didalam pelayanan akademis dan administrasinya.
Melalui "cyber teaching" mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, mengumpulkan tugas, berdiskusi dan mengerjakan soal-soal quiz melalui internet, sehingga mereka dapat belajar kapan saja dan dimana sajaPenerapan cyber teaching ini mahasiswa dapat mengakses materi kuliah, mengumpulkan tugas, berdiskusi dan mengerjakan soal-soal quiz melalui internet, sehingga mereka dapat belajar kapan saja dan dimana saja.
Untuk memperkuat budaya Cyber pada 18 Januari 2013 , Unissula bersama Google, resmi meluncurkan layanan UnissulaMail. Untuk memudahkan seluruh mahasiswa, staf, dan dosen saling berkomunikasi dan bekerjasama secara digital. Acara bertajuk UNISSULA GONE Google itu di resmikan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Prof Dr Ir Djoko Santoso M Sc bersama Rektor Unissula, Prof Dr Laode M Kamaluddin pada hari Jumat (18/1) di halaman perpustakaan Unissula. 
Kerjasama
Dalam rangka untuk membangun network dalam jaringan global, maka UNISSULA telah menjalin berbagai hubungan kerjasama, baik yang bersifat nasional maupun internasional melalui student exchange, riset, studi lanjut dan berbagai kerjasama lain yang memungkinkan. Sebagai contoh:
Penandatanganan MoU dengan Hiroshima University di Jepang dalam program pengembangan Teaching Hospital dan Fakultas Kedokteran.
Fakultas Kedokteran Gigi Unissula di wakili oleh drg. Siti Chumaeroh, MS (Dekan Fakultas Kedokteran Gigi Unissula) telah menandatangi MOU dengan HongKong University di HongKong pada tanggal 30 October 2012.  Setelah itu memperluas lagi dalam hubungan international dengan menjadi anggota South East Asia Association For dental Education ( SEAADE) dan ini menjadi nilai tambah bagi Fakultas Kedokteran Gigi satu-satunya Fakultas Kedokteran Gigi di semarang yang telah Terakreditasi. Melakukan kerjasama dengan Universitas Mindanau - Filipina, dalam penyusunan kurikulum ilmu keperawatan berstandar internasional, karena Filiphina adalah benchmarking (pembanding) bagi pemerintah untuk urusan penempatan tenaga kerja profesional ke luar negeri. Kerjasama tersebut dilanjutkan dengan penandatangan MoU dengan Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI), karena dengan adanya kurikulum berstandar internasional maka Unissula dapat dijadikan sebagai center of excellent bagi program pendidikan, pelatihan, dan penyiapan penempatan tenaga kesehatan berstandar internasional ke luar negeri.
UNISSULA sedang melakukan pendekatan dan penjajakan kerjasama dengan Fatih University di Turki, Al-Azhar University di Cairo, University of IOWA (USA), Hankuk University di Korea, dan lain-lain.
Ditingkat nasional, saat ini UNISSULA juga sudah melakukan penandatanganan MoU dengan Universitas Padjajaran Bandung dalam pendirian Fakultas Farmasi. Selain itu UNISSULA juga sedang melakukan penjajakan kerjasama dengan Universitas Gadjahmada Yogyakarta, Universitas Indonesia, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Airlangga Surabaya dan lain-lain.
UNISSULA juga secara konsisten berupaya untuk berperan dalam usaha membangun peradaban Islam yang baru dan moderen, sebagaimana yang dahulu dilakukan oleh para pemimpin Islam dalam membangun peradaban Islam sehingga mengalami masa keemasan. Untuk itu Unissula sangat berapresiasi kepada para tokoh agama/masyarakat, ilmuan, peneliti, sastrawan, seniman, dan lain-lain yang mempunyai andil dalam pengembangan peradaban Islam.

BudAi Award
UNISSULA juga membuat trend baru perguruan tinggi dengan memberikan penghargaan kepada tokoh nasional yang berprestasi dan memberi kontribusi kepada peradaban Islam. Penghargaan yang diberikan ini diberi nama BudAi Award.
Senin, 21 Desember 2009, BudAi Award diberikan kepada kepada Ketua Mahkamah Konstitusi Bapak. Mohammad Mahfud atas perannya dalam penegakan hukum di Indonesia. 
Senin, 19 Desember 2011, BudAi Award diberikan kepada Mantan Wakil Presiden RI Muhammad Jusuf Kalla di bidang Kemanusiaan. "Ada beberapa alasan mendasar Jusuf Kalla (JK) layak mendapatkan penghargaan itu (Budai Award)," kata Rektor Unissula Prof Laode M Kamaluddin,Ia menjelaskan, peran serta JK dalam menyelesaikan konflik Aceh, Poso, dan Ambon cukup besar, demikian pula dengan kiprahnya sebagai Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) dalam mengoordinasi bantuan untuk berbagai daerah yang terkena bencana.
Jum'at, 16 Nopember 2012, BudAi Award diberikan kepada Bupati Kotawaringin Barat (Kobar), Kalimantan Tengah (Kalteng) Ujang Iskandar penyerahan anugerah Budai Award Unissula Semarang yang diserahkan dalam rapat senat terbuka yang digelar di gedung Ar-Razi Fakultas Kedokteran Unissula.
 Sabtu, 9 Nopember 2013, Dalam rapat senat terbuka yang digelar di Aula gedung Ar-Razi Fakultas Kedokteran Unissula BudAi Award diberikan kepada ulama besar sekaligus Budayawan yakni Prof. Dr. Haji Abdul Malik Karim Amrullah atau lebih dikenal dengan julukan Buya Hamka atas kontribusinya terhadap pengembangan dakwah dan pemikiran Islam Indonesia. Selain itu juga penganugerahan kepada Gubernur, para Bupati dan Wali Kota Sulawesi Tenggara serta Ambassador Cerdas Sultraku sebagai bentuk apresiasi dan ungkapan terima kasih terhadap kontribusi mereka di bidang pendidikan.

Alumni
Alumni Unissula saat ini sudah mencapai 24.000 lebih yang tersebar di seluruh indonesia dan beberapa ada yang sudah berkarya di luar negeri, para alumni menentukan pilihan hidupnya, baik yang bekerja menjadi Pegawai Negeri SipilPolitisiAkademisiProfesi, tidak sedikit yang memilih menjadi Entrepreneurship. ALumni tersebut saat ini telah di wadahi IKA UNISSULA ( Ikatan Keluarga Alumni Unissula ) pengurusan untuk periode 2011-2014 di pimpin oleh H. Jawade Hafizd, SH, MH.

0 komentar: