Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Senin, 21 April 2014

Telkomsel Uji Coba LTE 4G Di Lima Kota Besar


Operator seluler PT Telkomsel berencana melakukan uji coba jaringan "Long Term Evolution" atau LTE yang menggunakan teknologi generasi ke-4 (4G) di lima kota besar pada awal tahun 2015.
Direktur Sales Telkomsel Ma'sud Khamid di sela-sela "Roadshow New Telkomsel Poin" di Malang, Jawa Timur, Minggu, mengatakan uji coba LTE tahap pertama itu akan digelar di Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.
"Kalau memungkinkan, saya akan usulkan tambahan satu kota lagi untuk 'trial' (uji coba) LTE, yakni Malang, karena potensi pelanggan dan pengguna layanan data di kota ini sangat besar," katanya didampingi Executive Vice President Telkomsel Area Jawa Bali Yetty Kusumawati.
Sebelumnya, anak perusahaan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom) itu telah sukses menggelar uji coba layanan jaringan LTE pada Konferensi Tingkat Tinggi APEC di Bali tahun 2013.
Menurut Ma'sud, keberhasilan uji coba LTE pada ajang KTT APEC yang dihadiri para pemimpin dan delegasi dari berbagai negara itu, membuat Telkomsel tidak ragu-ragu untuk segera mengoperasikan layanan telekomunikasi berteknologi 4G tersebut.
"Paling lama awal tahun 2015 atau paling cepat akhir tahun ini, uji coba tahap pertama LTE sudah bisa dilakukan. Sambil menunggu penataan bisnis LTE dari regulator, kami terus menyiapkan diri untuk masuk ke bisnis tersebut," ujarnya.
Ma'sud Khamid menambahkan layanan LTE yang menggunakan pita 1.800 MHz selebar 5 MHz merupakan salah satu upaya Telkomsel untuk meningkatkan kualitas layanan kepada pelanggan yang membutuhkan kecepatan akses, terutama pengguna data, yang beberapa tahun terakhir pertumbuhannya cukup pesat.
"Jaringan LTE bisa mengirimkan data dengan kecepatan hingga lima kali lipat dari yang dimiliki 3G saat ini. Beberapa perangkat telepon seluler pintar (smartphone) di pasaran juga sudah 'support' dengan teknologi tersebut," tambahnya.
Terkait layanan data, Ma'sud mengatakan pada tahun ini pihaknya akan memperluas layanan "broadband" ke berbagai wilayah di Indonesia dengan menambah lagi sebanyak 15.000 Node-B (BTS 3G), sehingga total hingga akhir tahun ini terdapat 35.000 Node-B dari total 70.000 unit BTS yang dioperasikan.
"Kami targetkan total pelanggan data hingga akhir 2014 mencapai lebih kurang 80 juta, sementara jumlah pelanggan secara keseluruhan diproyeksi tembus 137 juta," tuturnya.

0 komentar: