Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Senin, 13 Januari 2014

Inikah Planet Baru Kembaran Bumi?


Para peneliti makin giat mengobservasi temuan planet baru mirip bumi dengan ukuran yang  jauh lebih besar. Hasil observasi terbaru pun menunjukkan hal yang menggembirakan.

Seperti dilansir oleh HNGN (9/1), super-earth yang ditemukan pada tahun 2013 ini ternyata diperkirakan masih bisa ditinggali oleh makhluk hidup. Hitungan kasarnya, ada kemungkinan sekitar 80 persen planet dengan nama Kepler-62f tersebut bisa jadi rumah kedua manusia.

Menurut peneliti dari Northwestern University, ada kemungkinan di mana planet tersebut memiliki beberapa daratan luas yang dikelilingi oleh lautan. Dengan begitu, kehidupan di darat pun bisa didukung dengan baik.

Padahal, penemuan sebelumnya menyatakan bahwa seluruh daratan planet ini mungkin saja sudah tenggelam akibat air. Namun, pendapat ini bisa dipatahkan karena adanya gerakan tektonik dari Kepler-62f sehingga air bisa saja diserap kembali dalam lapisan mantelnya.

Peneliti yakin bahwa lempeng tektonik yang bergerak membuat air di super-earth berpindah-pindah dari permukaan ke bagian inti planet. Dengan begitu, daratan yang sebelumnya tenggelam pun akan menyembul kembali ke permukaan.
"Meski jumlah airnya mencapai 80 kali lipat lebih banyak dari bumi, planet ini masih akan memiliki daratan yang bisa dihuni," kata peneliti.

0 komentar: