Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Labels

Jumat, 24 Januari 2014

Kapal Selam Pertama Buatan Korsel Pesanan Indonesia, Selesai 2015


Kesiapan pemenuhan kebutuhan minimum kekuatan Tentara nasional Indonesia, terus berjalan. Setelah dua pesawat tempur Sukhoi dari enam yang dipesan, dijadwalkan akan tiba pada tahun ini,  armada laut RI juga akan memperoleh tambahan kapal selam baru pada 2015.

Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Soeparno, mengatakan disela-sela Rapat Pimpinan TNI di Mabes TNI jakarta, Rabu, 18 Januari 2012, bahwa kapal selam pertama dari tiga unit yang dipesan dari Korea Selatan, akan selesai pada 2015.
“Untuk yang pertama diperkirakan selesai pada 2015,” kata Soeparno seperti dikutip Antara.
Indonesia telah memesan tiga kapal selam merek baru dari sebuah perusahaan pembuat kapal Korea Selatan, untuk menambah dua armada kapal selam yang sekarang dimiliki TNI Angkatan Laut. (baca: Indonesia Pesan Tiga Kapal Selam Baru dari Korea Selatan)

Kontrak pemesanan ditandatangani oleh kementerian pertahanan dan Daewoo Shipbuilding Marine Engineering (DSME) di Jakarta, Selasa, 21 Desember 2011, senilai 1,07 miliar dolar AS, nilai kontrak pertahanan terbesar yang diberikan kepada sebuah perusahaan Korea Selatan.
Pembangunan kapal selam tersebut dijadwalkan akan dimulai pada Januari tahun 2012 di bawah skema transfer teknologi antara Indonesia dan Korea Selatan.

Dua kapal selam akan dibangun di Korea Selatan, untuk mempersiapkan tenaga-tenaga Indonesia menjalankan pembuatan di dalam negeri. Sementara satu kapal selam lagi akan dibangun di basis PT PAL di Surabaya, Jawa Timur.

0 komentar: